bab3

PERTEMUAN KE 1
A. apa itu Informatika? 
Informatika adalah disiplin ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Informatika mencangkup Science dan engineering. 
B. informatika dan Profil Pelajar Pancasila
Informatika memiliki peran dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila, yaitu pelajar Indonesia yang memiliki karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan kreatif. 
Pembelajaran Informatika diharapkan dapat melatih siswa untuk menjadi pencipta karya digital, bukan hanya pengguna teknologi.
C. yang Dipelajari pada Mata Pembelajaran Informatika SMP? 
Melalui Bab ini, kita belajar mengkoneksikan pengalaman belajar informatika di masa lalu untuk dirajut dengan apa yang dipelajari satu tahun kedepan. Berikut ini adalah bangunan informatika

Keterangan:
TIK: Teknologi Informasi dan Komunikasi
SK: Sistem Komputer
JKI: Jaringan Komputer dan Internet
AD: Analisis Data
AP: Algoritma dan Pemrograman
DSI: Dampak Sosial Informatika


1. BERPIKIR KOMPUTASIONAL
Kelas 7: di kelas 7 telah mengenal dasar penyelesaian permasalahan dan 4 pondasi dari berpikir komputasional lewat contoh-contoh kehidupan sehari-hari, yaitu dekomposisi, abstraksi algoritma dan pengenalan pola. 
Kelas 8: di kelas 8 telah mempelajari konsep fungsi(input-proses-output) dan mengeksekusi serangkaian langkah yang terjadi atas beberapa kali pemanggilan fungsi yang sama. 
Kelas 9: di kelas 9 kita akan berlatih menyelesaikan persoalan yang melibatkan struktur data lebih kompleks yaitu graf dan pohon (tree) . 

2. TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI (TIK) 
Kelas 7: di kelas 7, tik sebagai perkakas (tools) yang digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. 
Kelas 8: dan di kelas 8 kita tidak hanya memakai satu aplikasi melainkan belajar memakai beberapa perkakas (tools) sekaligus untuk menghasilkan konten yang terintegrasi. 
Kelas 9: di kelas 9 kita akan diajak untuk menganalisis aneka konten di dalam pembuatan dokumen di lingkungan sehari-hari, kemudian menentukan perkakas yang paling tepat untuk menghasilkan suara artefak komputasional dengan menggunakan aplikasi pengolah kata, mengolah lembar kerja, pengolah presentasi, dan aplikasi pengolah dokumen.

3. SISTEM KOMPUTER
Kelas 7: kita telah belajar bahwa komputer yang hanya berupa perangkat keras tidak akan berdaya guna tanpa adanya perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi, melalui kegiatan plugged atau unplugged 
Kelas 8: kita telah mengenal komputer dan piranti pelengkapnya sebagai benda konkret. 
Kelas 9: di kelas 9 tidak ada alokasi jam pelajaran khusus untuk sistem komputer karena muatannya sudah cukup dengan yang diberikan pada kelas 8 namun demikian di kelas 9 akan diingatkan tentang penggunaan sistem komputer yang baik dan benar melalui sebuah ilustrasi.

4. JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET
Kelas 7: di kelas 7 yang terpenting adalah bahwa kalian memahami keberadaan jaringan lokal dan internet sebagai infrastruktur komunikasi antar sistem komputer yang memiliki manfaat. 
Kelas 8: di kelas 8 secara praktis kalian telah mempelajari mekanisme komunikasi data yang terjadi dalam jaringan komunikasi pada ponsel yang mempertimbangkan keamanan. 
Kelas 9: di kelas 9 sudah tidak ada alokasi jam pembelajaran untuk jaringan komputer dan internet karena capaian kemampuan vital jaringan komputer dan internet yang ditargetkan untuk siswa tingkat SMP adalah sebagai pengguna. oleh karena itu materi JKI untuk kelas 9 disajikan dalam bentuk ilustrasi terkait praktik baik penggunaan jaring komputer dan internet

5. ANALISIS DATA
Kelas 7: di kelas 7 Kita memulai kegiatan analisis data Dengan memahami apa itu data dengan melakukan input, pengolahan, analisis dengan mengeksplorasi data menggunakan perkakas pengolah lembar kerja. 
Kelas 8: di kelas 8 kita memperdalam konsep analisis data dasar yang dipelajari di kelas 7 lalu diperdalam aspek analisisnya, lebih  abstrak, serta diperluas lingkupnya. 
Kelas 9:materi analisis data diselesaikan di kelas 8 dan hanya disajikan dalam bentuk ilustrasi pengingat di kelas 9 

6. ALGORITMA PEMOGRAMAN 
Kelas 7: di kelas 7 memulai modul algoritma pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman visual stratch.
Kelas 8: di kelas 8 ada modul alkalibat pemrograman tarikan diajak untuk menggunakan bahasa blockly untuk mengeksplorasi dan memindahkan konsep pemrograman visual stratch ke lingkungan blockly
Kelas 9: di kelas 9 kita diajak untuk melakukan refleksi tentang kesamaan dan perbedaan dua bahasa yang sudah dikenakan di kelas 8
7. DAMPAK SOSIAL INFORMASIKA
Kelas 7: arti kelas 7 kita telah mengalami belajar bermakna dalam elemen pengetahuan dampak sosial informatika melalui diskusi terbimbing untuk memahami, menganalisis, dan menyimpulkan dampak teknologi informasi dan komunikasi dari kasus-kasus penemuan teknologi terbaru di dunia. 
Kelas 8: di kelas 8 kita belajar mengenai dampak sosial informatika dan konteks penggunaan media sosial. 
Kelas 9: di kelas 9 yang merupakan akhir fase di informatika, kita akan belajar elemen dampak sosial informatika melalui diskusi untuk mempelajari, menganalisis, mengambil kesimpulan, dan merekomendasikan evolusi terhadap kasus ancaman keamanan data dan informasi di dunia maya.
8. PRAKTIK LINTAS BIDANG
PLB atau praktek lintas bidang memberi kalian kesempatan untuk belajar agar mampu menunjukkan perilaku dan cara berpikir seseorang yang melek komputasional (computationally literate student), agar siap terlibat dalam dunia digital yang kaya data dan dapat menghubungkan berbagai bidang.